Pengetauan UMUM

Alpha Centauri (α Cen / α Centauri atau disebut juga Rigil Kentaurus) adalah bintang yang paling cerah dalam rasi centaurus. Walaupun tampak seperti satu titik dilihat dengan mata telanjang, bintang ini sebenarnya adalah sistem tiga bintang. Bersama dengan Beta Centauri, Alpha Centauri terkenal di belahan bumi selatan sebagai “pointer” ke arah rasi Salib selatan, namun letaknya terlalu jauh di selatan untuk dapat terlihat di belahan bumi utara. Kedua bintang terbesar dalam sistem ini terlalu dekat untuk dibedakan oleh mata telanjang sehingga terlihat seperti satu sumber cahaya dengan magnitude −0,27.

Alpha Centauri adalah sistem bintang terdekat dari tata surya kita, dengan jarak 4,2 sampai 4,4 tahun cahaya. Karena itu banyak cerita fiksi ilmiah membayangkan suatu hari manusia akan pergi.
Alpha Centauri muncul ke telanjang-mata sebagai satu bintang dan fainter dari Sirius dan Canopus. Berikutnya cerdas bintang di langit malam adalah Arcturus. Bila dianggap antara individu cerdas bintang di langit (kecuali Matahari), Alpha Centauri A keempat cerdas di besarnya 0,01, [10] yang hanya fractionally fainter dibandingkan Arcturus di 0.04v-besarnya. Alpha Centauri B di 1.33v besarnya adalah dua puluh pertama di kecerahan.
Komponen Ukuran dan Warna. Menunjukkan relatif ukuran dan warna bintang di Alpha Centauri sistem dan membandingkannya dengan Matahari.

Alpha Centauri A adalah anggota pokok atau dasar dari sistem binari, yang sedikit lebih besar dan lebih terang daripada kami Minggu. Ini merupakan matahari-seperti utama urutan yang sama dengan bintang-putih warna kekuning-kuningan, yang terkenal klasifikasi spektral jenis V. G2 [10] Dari ditentukan bersama Orbital parameter, α Cen A adalah sekitar 10% lebih besar daripada kami Minggu, dengan radius sekitar 23% lebih besar. [3] yang diproyeksikan pemutaran kecepatan (v dosa i) ini adalah bintang 2,7 ± 0,7 km -1, yang berakibat pada perkiraan pemutaran periode 22 hari. [5]

Alpha Centauri B adalah pendamping bintang atau sekunder, sedikit lebih kecil dan kurang terang daripada kami Minggu. Ini urutan utama bintang menampilkan jenis spektral K1 V, [10] sebagai sebuah diamati lebih orangish-warna kuning dari bintang utama. Oleh massa, α Cen B sekitar 90% dari 14% dan Minggu dalam radius kecil. [3] yang diproyeksikan pemutaran kecepatan (v dosa i) adalah 1,1 ± 0,8 km -1, yang berakibat pada perkiraan pemutaran periode 41 hari . [5] (yang sebelumnya memperkirakan memberikan rotasi yang sama periode 36,8 hari.) [11] Walaupun telah terangnya cahaya yang lebih rendah daripada komponen A, B bintang’s spektrum emisinya energi yang lebih tinggi di X-ray. Lampu akan melengkung dari B bervariasi pada skala waktu yang singkat dan telah ada setidaknya satu diamati suar. [12]

Alpha Centauri C, juga dikenal sebagai Proxima Centauri, adalah dari kelas spektral M5Ve [10] atau M5VIe menyatakan ini adalah salah satu yang kecil utama urutan bintang (Tipe V) atau sub-kerdil (VI) dengan emisi baris, yang BV warna index 1,81. Dengan massa sekitar 0,12 Mʘ.

Bersama-sama, yang terang terlihat komponen dari bintang binari sistem yang disebut Alpha Centauri AB (α Cen AB). Ini “AB” tujuan yang jelas menandakan gravitational pusat utama sistem relatif terhadap binary lain Kompetitif bintang (s) di dalam beberapa sistem bintang. [13] “AB-C” merujuk kepada edaran dari Proxima sekitar pusat binari, menjadi jarak antara titik berat dan pinggiran temannya. Beberapa referensi lama menggunakan membingungkan sekarang dihentikan dan tujuan dari A × B. Karena jarak antara Matahari dan α Cen AB tidak berbeda secara signifikan dari salah satu bintang, gravitationally binari sistem ini dianggap sebagai sekiranya satu objek.
Resolusi dari binari bintang α Cen AB terlalu dekat untuk dilihat oleh mata biasa, sebagai pemisahan tajam bervariasi antara 2 dan 22 arcsec, tetapi sebagian besar melalui Orbit, keduanya dengan mudah diselesaikan dalam teropong kecil atau 5 cm teleskop.Di belahan bumi selatan, Alpha Centauri merupakan salah satu bintang-bintang yang penting atau yang penting Selatan dengan Beta Centauri atau Hadar / Agena. Kedua bintang langsung terhadap titik konstelasi pokok-Southern Cross. The Penting dengan mudah membedakan yang benar Southern Cross dari fainter asterism dikenal sebagai Salah lintas. Beta Centauri terletak beberapa 4,5 ° barat, pertengahan jalan antara pokok dan α Centauri.

Selatan dari sekitar -29 ° lintang S, α Centauri adalah circumpolar dan tidak pernah set di bawah cakrawala.Kedua bintang, termasuk pokok, terlalu jauh ke selatan akan terlihat untuk pertengahan lintang utara pengamat. Berikut tentang +29 ° N khatulistiwa ke garis lintang utara selama musim panas, α terletak Centauri dekat dengan cakrawala selatan. bintang culminates setiap tahun di tengah malam pada 24 April atau 9 pada 8 Juni.

Seperti terlihat dari Bumi, Proxima Centauri terletak 2,2 ° barat daya dari Alpha Centauri AB. Ini adalah tentang empat kali tajam diameter Bulan yang penuh, dan hampir persis setengah jarak antara α dan β Centauri. Proxima biasanya muncul sebagai bintang berwarna merah dari 13.1v visual besarnya dalam buruk populasi bintang lapangan, yang memerlukan untuk cukupan melihat ukuran teleskop. Terdaftar sebagai V645 Cen di Katalog Umum dari Bintang Variabel (GCVS) Versi 4,2, ini UV Ceti-jenis suar bintang dapat mendadak terang pesat sekitar 11.0v atau 11.09V besarnya.Beberapa amatir dan profesional astronomers secara berkala untuk memantau outbursts menggunakan baik optik atau teleskop radio.

Tinggalkan komentar